Minggu, 20 Desember 2020

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Sekarang ini, hampir semua orang menonton Youtube. Meski umumnya ditonton secara streaming, tapi ternyata ada pula aplikasi untuk menyimpan video Youtube ke galeri HP Anda.

Perlu diingat bahwa mengunduh vido Youtube ke galeri sebenarnya tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan Youtube. Aplikasi Youtube resmi hanya mengizinkan Anda menyimpan video di dalam aplikasi agar dapat ditonton secara offline.

Oleh karena itu, aplikasi download video Youtube biasanya tidak Anda temukan di Google Play. Kebanyakan layanan ini juga tidak berbentuk aplikasi ponsel, melainkan halaman website. Kalau Anda sudah paham risiko dan kegunaannya, Anda boleh mencoba aplikasi-aplikasi berikut ini.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Tubemate

Tubemate merupakan aplikasi simpan video Youtube, Facebook, Vimeo, DailyMotion, dan masih banyak lagi. Tidak hanya mengunduh video, Tubemate juga mampu mengunduh audionya saja dalam bentuk MP3. Cocok bagi Anda yang ingin mengunduh musik.

Untuk menggunakan Tubemate, Anda harus download aplikasinya dulu. Setelah itu, install di HP Android Anda (pastikan Anda sudah mengizinkan instalasi aplikasi pihak ketiga). Buka aplikasi Tubemate, masukkan kata kunci yang ingin Anda cari atau tempel tautan Youtube. Sebelum mengunduh, Anda dapat memilih jenis file dan resolusi video Anda.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Vidmate

Serupa dengan Tubemate, Vidmate merupakan aplikasi Android yang dapat mengunduh video, baik dari Youtube maupun situs video lain seperti Vimeo, DailyMotion, Instagram dan lain-lain.

Selain dalam format video, Anda juga dapat mendownload format audio MP3 dan M4A. Dengan Vidmate, file Anda juga dapat diproteksi dengan password. Ini berguna agar unduhan video Anda tak diintip orang lain.

Untuk menggunakannya, Anda perlu download aplikasinya dulu. Setelah itu, Anda bisa memasukkan kata kunci atau menyalin tautan Youtube.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Savefrom

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang kita bahas sebelumnya, SaveFrom tidak berbentuk aplikasi khusus, melainkan halaman web. Hal ini membuat SaveFrom dapat dibuka menggunakan perangkat apa saja yang terhubung ke internet.

Karena bersifat online dan dibuka dengan web browser, Anda tidak perlu mengalokasikan memori HP Anda untuk menginstal aplikasi baru. Anda hanya perlu membuka halaman SaveFrom, menyalin tautan Youtube Anda, memilih resolusi dan jenis file, lalu mengklik download.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Y2mate

Serupa dengan SaveFrom, Y2mate merupakan layaan untuk mendownload Youtube yang berbasis web. Fasilitas yang disediakan pun, tak berbeda jauh. Anda dapat mengunduh video Youtube dalam berbagai ukuran resolusi dan tipe file.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mengunjungi halaman Y2mate, kemudian menyalin tautan Youtube ke form yang telah disediakan. Namun, ada jalan pintas untuk mendownload Youtube menggunakan Y2mate.

Caranya, cukup buka halaman Youtube yang ingin Anda download, kemudian pada kolom URL tambahkan “pp” di belakang kata Youtube. Tekan Enter, otomatis Anda akan dibawa ke halaman Y2mate yang sudah siap mengunduh video tersebut.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Videoder

Videoder merupakan aplikasi untuk mendownload video Youtube yang tersedia untuk Android maupun Windows. Selain Youtube, aplikasi ini juga bisa mengunduh video dari sekitar 50 situs lainnya. Anda juga bisa mengunduh beberapa video sekaligus.

Untuk menggunakannya, Anda dapat mendownload dulu aplikasi Videoder untuk Android, Mac, atau Windows. Setelah memasang aplikasi, Anda dapat menjelajahi Videoder seperti sedang menggunakan browser khusus. Pilih tombol putih di sebelah atas layar untuk memilih resolusi dan mengunduh video.

Sekarang Anda sudah mengetahu beberapa aplikasi untuk menyimpan video Youtube. Dengan demikian, Anda bisa menonton video Youtube meski tanpa koneksi internet kapan saja. Anda juga bisa membaginya lewat berbagai media. Namun, berhati-hatilah dengan pelanggaran hak cipta.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

New Pipe

New Pipe merupakan aplikasi alternatif untuk Youtube yang dapat mendownload video Youtube secara langsung. Karena sifatnya yang open source dan gratis, aplikasi ini hanya dapat diunduh di F-Droid dan di-instal di HP Android.

Tampilan New Pipe mirip dengan aplikasi Youtube. Anda dapat langsung menonton video Youtube di sana. Bedanya, Anda tidak dapat login dengan akun Google. Untuk mengakses channel langganan, Anda dapat melakukan impor dari akun Youtube Anda. Selain itu, terdapat beberapa fitur ekstra seperti floating player dan tentu saja download video.

Aplikasi untuk Menyimpan Video Youtube ke Galeri HP Anda

Untuk mendownload video dari New Pipe, Anda hanya perlu mengklik tombol download dari halaman video, kemudian memilih format file dan resolusi video. Video akan tersimpan di galeri HP Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar